Mengembangkan Karakter Siswa Melalui Festival Pentas Seni sebagai Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 di SMK Arinda Palembang
Abstract
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang dicanangkan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan sebagai bekal memasuki dunia kerja dan program Kampus Mengajar adalah salah satunya. Pentas seni merupakan suatu acara yang terdiri dari beberapa seni pertujukan. Pentas seni diadakan sebagai sarana pengembangan bakat, minat dan daya cipta siswa. Pentas seni tidak hanya sebagai sebuah atraksi seni semata, namun sebuah peningkatan karakter seseorang melalui proses perkembangan dari tidak ada menjadi ada, dari tidak tahu menjadi tahu. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan karakter siswa melalui festival pentas seni berupa pertunjukan drama sumpah pemuda sebagai implementasi salah satu program yang dirancang oleh tim kampus mengajar angkatan 6 di SMK Arinda Palembang. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu dengan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan partisipatif. Penggunaan metode ini sangat efektif karena peneliti ikut andil dan berperan penting dalam kegiatan yang diteliti. Hasil dari kegiatan ini yaitu siswa menjadi lebih percaya diri dalam memainkan perannya masing-masing, lebih berani berekspresi, mengembangkan kecakapan soial, daya kreasi dan emosi yang sehat.